Lulus Ujian AAMAI

isi materi di blog lulusujianaamai.com

Posted in Uncategorized by arie pratama on November 4, 2011

hari ini, tanggal 4 november 2011 tepatnya setelah sholat jum’at saya membuka blog ini, tujuannya untuk melihat tulisan patner baru saya mas ryan yang sudah mulai aktif posting di blog ini.

saat membuka dasbor, seperti biasa saya selalu melihat dahulu komentar yang masuk ke inbox untuk kemudian bisa langsung ditanggapi. surprise hari ini saya dapat komentar dari aimar.mohammad@gmail.com yang isinya sebagai berikut :

“Mas, ide anda untuk meningkatkan pengetahuan dan mengarahkan untuk lulus sangat bagus, dan kelihatannya dalam waktu dekat ….. website ini akan terkenal dimana-mana. Tapi ada satu hal yang anda lupa, bahwa website ini adalah kumpulan dari materi atau handout yang disusun (diketik) para instruktur yang sampai dengan saat ini masih bekerja dan sebagai praktisi di industri asuransi. Dengan pengetahuan dan pengalaman para Instruktur maka materi atau handout ini ada. oleh karena itu, yang menjadi pertanyaan saya….apakah anda sudah mendapatkan izin untuk men-share “buah pikiran beliau-beliau” ini. Sedangkan pembuatan materi atau handout ini dalam rangka tugas “beliau-beliau” menyampaikan presentasi tutorial di kelas masing-masing subjek. Dengan cara ini, saya menilai bahwa anda tidak menghargai “hasil instelektual” para instruktur yang sudah menuangkan pengetahuan dan pengalaman mereka di industri asuransi, dan saya khawatir anda bisa dituntut telah menyalahi Undang-Undang Hak Cipta. Itu saja saran saya, terima kasih.”

sebelumnya saya ucapkan terimakasih untuk mas aimar atas kritik dan sarannya yang sangat membangun. khususnya bagi kami pegiat blog ini. untuk itu saya perlu juga memuat kembali komentar dari salah satu orang yang menyusun modul aamai subjek 202, bapak hendry berikut komentarnya di blog ini:

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Wah, saya cukup surprised, ternyata bahan-bahan mengajar saya untuk subjek 202 bisa go online yah :)

Ngomong2 kita pernah ketemu dimana ya ri? Apakah tutorial? Sehingga materi-materi ini didapatkan langsung oleh Arie sendiri?

Tapi Alhamdulillah setidaknya Arie tidak merubah sama sekali “Author” yang membuat materi ini :) …. tapi saya koreksi ya, utk Chapter 10 itu seharusnya mengenai Asuransi Jiwa, bukan klaim, saat materi itu dibuat pertama kali memang belum ada. Tapi saat ini saya punya materi mengenai chapter 10 tersebut. Dan author di Chapter 10 yg ditampilkan disini maaf bukan sebagaimana yang tertampilkan di materi tsb (author dlm materi tsb pernah mengikuti tutorial dgn saya) karena saya tidak melihat adanya perubahan isi sama sekali di materi itu oleh ybs.

Mungkin kl bisa dikoreksi, ya di koreksi, saya tdk minta materi apapun utk hal ini, hanya sedikit respek, kecuali jika ybs melakukan modifikasi. Saya pikir tidak berlebihan kan membiarkan materi tsb sesuai penulis sebenarnya sebagaimana materi2 yg lain :)

Oh iya jika membutuhkan materi Chapter 10 mengenai Life Assurance, Annuities & Personal Pensions tersebut beritahu saja ke saya :)

Sekali lagi terima kasih Arie, semoga saran saya diperhatikan, dan semoga materi2 ini akan selalu bermanfaat bagi banyak orang.

Salam kenal,

Henry Ananda Siregar

komentar itu masuk ke inbox tanggal 07 Agustus 2011. bersama dengan itu saya langsung kontak via email dengan beliau untuk konfirmasi ijin muat materi dan revisi kesalahan posting di blog ini.

kami mengakui bahan2 ini diposting tanpa seijin/sepengetahuan penulis/penyusun/pemateri ujian AAMAI, namun demikian hampir semua bahan2 ujian yang diposting termuat author/nama pembuat/penyusun sebagai identitas pembuat materi tersebut. sehingga pengguna tetap mengtahui siapa yang membuat materi tersebut dan blog ini sebagai publisher.

perlu diketahui bahwa bahan presentasi yang disusun dan diberikan kepada peserta tutorial yang sudah membayar kepada penyelenggara, menurut saya menjadi fasilitas dalam suatu tutorial untuk memberikan materi berupa modul disamping penyampaian/presentasi. dan hak bagi peserta untuk membawa pulang dan menggunakannya untuk keperluan belajar, berbagi (share)  dengan temen2 atau berdiskusi.

tujuan kami menyusun blog ini adalah share bahan2 ujian tersebut yang seperti mas aimar bilang untuk meningkatkan pengetahuan dan mengarahkan untuk lulus para peserta ujian AAMAI. kami sama sekali tidak memungut uang sepeserpun dari pengguna dan mereka yang mendownload dari blog ini.

apabila memang benar apa yang kami lakukan keliru dan para pemateri menganggap kami melanggar hak cipta/karya intelektual, maka melalui posting ini kami memohon maaf yang sebesar-besarnya dan untuk itu pula kami akan menghapus seluruh posting materi di blog ini.  namun apabila ada diantara pemateri atau penyusun modul AAMAI yang memperbolehkan hasil karyanya di publish di blog ini, kami akan tetap mempertahankan bahan2 tersebut muncul di blog ini.

pada kesempatan ini pula, kami mempersilahkan kepada mereka yang merasa hasil karyanya diposting diblog ini untuk mengirimkan email kepada kami ke arie.lulusujianaamai@yahoo.com untuk konfirmasi perihal kesediaan atau ketidaksediaan hasil karyanya dimuat di blog ini untuk segera dapat kami tindaklanjuti.

demikian tanggapan kami terkait komentar mas aimar diatas, dan salam hormat kami untuk penulis/pemateri/tutor AAMAI dimanapun anda berapa sekarang🙂

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Aimar said, on November 10, 2011 at 11:13 pm

    Saya mengucapkan terima kasih atas respon Bapak Arie mengenai komentar saya. Apa yang saya sampaikan sebelumnya adalah untuk membantu dan mengarahkan Bapak Arie agar apa yang semula menjadi niat baik Bapak Arie untuk men-share handout para tutor MALAH berujung disalahkan.

    Tapi pak Arie, sebagai informasi bahwa handout yang dishare bukan hanya “Ketikan” Bapak Henry Ananda Siregar (PT. Asuransi Bangun Askrida) saja, masih banyak tutor-tutor lainnya (kalau tidak salah saya cek di website ini) dan kebetulan saya pernah ikut tutoralnya. Ada milik Bapak Hariji Noensie, Bapak Syamsul Bahri, Bapak Fahri Adnan, Bapak Eddy Chandra, dan tutor lainnya. Juga, jangan terlewatkan bahwa Beliau-beliau itu kan mengajar di suatu lembaga yang specialisasinya menyelenggarakan Tutorial Asuransi Kerugian AAMAI, yaitu Widya Dharma Artha yang berlokasi di Jakarta. Handout yang Bapak share bukan hanya milik instruktur tapi juga milik lembaga tersebut.

    Harapan saya, mudah-mudahan tidak ada masalah di kemudian hari terkait hal ini.

    Tapi pesan saya, mohon bapak juga mengerti dan mamahami aspek hukumnya mengenai hal ini. Juga prosedurnya apabila ingin mengutip atau manampilkan handout milik orang lain atau lembaga lain, antara lain yaitu sebelumnya menyampaikan permohonan izin terlebih dahulu (lebih baik tertulis). Jangan sampai, beliau-beliau atau pihak-pihak lain mengetahui bahwa handoutnya dipublish dari pihak lain atau kebetulan membuka website ini, jadi kesannya KURANG MENGHARGAI walaupun Bapak tidak mengabil untung dari website ini.

    Memang budaya kita masih TOLERAN akan hal tersebut, tapi saya khawatir di kemudian hari hal ini bisa mengarah ke masalah TUNTUT MENUNTUT.

    Semoga komentar ini membangun dan berguna. Hidup Industri Asuransi.

    • Wahyu said, on November 22, 2011 at 3:18 pm

      Saya saat ini menjalani profesi sebagai penilai publik (property & bisnis). para penilai (valuer), sebutan bagi penilai publik, punya visi untuk memajukan profesi penilaian dengan misi memperbanyak jumlah penilai, meningkatkan kualitas penilai dg sering mengadakan pendidikan, serta independen dan profesional dalam menjalankan profesi ini. Kami saling berbagai info, materi, modul, contoh soal, dll (antar sesama peserta pendidikan penilaian), bahkan secara teknik, para valuer diperbolehkan untuk berkonsultasi dengan Dewan Penilai (empu-nya penilai di indonesia).

      Saya pikir, apa yang dilakukan oleh mas Arie Pratama malah membantu industri asuransi menciptakan para tenaga ahli. Toh ini juga tidak dikomersialkan. Niatnya hanya berbagi ilmu, materi dan pengalaman agar lulus ujian AAMAI. tidak semata-mata hanya meraup keuntungan pribadi. Semua itu kembali ke visi dan misi profesi anda apakah ingin profesi ini berkembang atau cuma bisnis oriented (semakin mempersempit kesempatan peserta ujian untuk lulus/ susah cari bahan ujian).

      Kalau memang mas Aimar ingin industri asuransi berkibar dan masyarakat juga bisa lebih mengenal apa itu asuransi, blog ini adalah salah satu jalan untuk itu. Tapi kalo sampeyan protes dengan alasan melanggar hukum, rasa-rasanya kok malah jadi penghalang menciptakan tenaga2 ahli dalam bidang asuransi. Saya pikir ini bukan masalah besar, harusnya malah mas aimar ikut membantu menyebarkan modul ini ke peserta-peserta ujian supaya banyak mengerti apa itu asuransi.

      Tidak rugi kok berbagi ilmu ato materi dengan orang lain. balasannya tidak hanya sekedar di dunia. tapi juga di akhirat kelak. Malah si penulisnya dapat pahala karena perbuatan orang lain yang membantu menyebarkan ilmunya…

      Dari tepian Sungai Brantas Surabaya

  2. arie pratama said, on Desember 11, 2011 at 6:08 am

    special thanks to mas wahyu yang sudah mengirimkan komentar diatas. rasanya saya sedikit lega membaca komentar mas wahyu perihal posting saya dan komentar mas aimar.
    tadinya saya berharap ada komentar dari rekan2 asuransi yang setidaknya bisa memberikan gambaran dan jalan keluar dari “masalah” yang sedang kami alami. namun tidak disangka mas wahyu yang seorang penilai publik lah orang pertama yang memberikan share kepada kami. kami sangat menghargai masukan mas wahyu.
    untuk mas aimar, kami ucapkan terimakasih atas masukannya dan atas niat baiknya mengingatkan kami. kami menganggap tidak ada motif lain dari anda atas komentar2 diatas. namun bila memang ada niat terselubung yang lain maka kami senantiasa berdoa semoga kita semua selalu diberi penerangan oleh Tuhan Yang Maha Mengetahui. Amin YRA.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: